Rabu, 25 April 2012

Microteacing TIK/SMP/IX/2


SKENARIO PEMBELAJARAN

Satuan Pelajaran                      : TIK
Mata Pelajaran                        : TIK
Kelas/Semester                        :  IX/2
Standar Kompetensi               : Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Standar Kompetensi               : Mendemontrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
Metode Pembelajaran             : Demonstrasi dan Eksperimen
Alokasi Waktu                        : 15 menit
_________________________________________________________________________________ 

Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (±2 menit)
Guru    : ”Selamat pagi anak-anak.”
Siswa   : ”Selamat pagi, Pak.”
Guru      : ”Senang bisa bertemu dengan kalian lagi pada pagi hari ini. Bagaimana kabar kalian? Apakah baik-baik saja?
Siswa   : “Baik…..Pak.
Guru   : “Bagus, ternyata kalian bersemangat sekali pagi ini. Apakah ada yang absen kali ini?”
Siswa     : ”Tidak ada Pak, semuanya masuk.
Guru      : ”Baik, sekarang kita mulai pembelajaran pagi ini. Namun, sebelumnya ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu.
Guru      : “Selesai! Pada pertemuan sebelumnya, bapak sudah beritahu kepada anak-anak untuk membaca buku di rumah terlebih dahulu, apakah sudah dibaca bukunya?
Siswa     : ”Sudah Pak.......”
Guru      : ”Bagus, sebelum lanjut ke materi, bapak ingin bertanya terlebih dahulu. Siapa yang sudah pernah ke warnet? Kegiatan apa saja yang kamu lakukan dasana?
Siswa     : ”Saya, Pak,
Guru      : ”Ya, silahkan kamu,
Siswa     : “Biasanya saya  maen game OL pak,
Guru      : ”Bagus Baik, Cobak yang lain kegiatan apa biasanya yang dilakukan dsna ?
Siswa     : “Saya, pak, mencari tugas, menonton video,
Guru      : ”iya betul? Untuk melakukan semua kegiatan itu kan kita gunakan internet pasti kalian sudah tidak  asing  lagi  dengan istilah tersebut, untuk hari ini kita akan belajar mengenai internet, sebelum itu bapak akan membacakan tujuan pembelajaran kita pada pagi ini :
1.      Siswa dapat menjelaskan perangkat-perangkat yang digunakan untuk akses internet.
2.      Siswa dapat menjelaskan aplikasi-aplikasi yang digunakan akses internet.
3.      Siswa dapat menjelaskan bagaimana cara melakukan koneksi dan mengakhiri dengan software browsing.

Kegiatan Inti (± 11 Menit)
Guru    : ”Sebelum Bapak lanjutkan ke materi apakah ada yang bertanya?”
Siswa       : “tidak, Pak!”
Guru        : ”okeh kalau tidak, silahkan hidupkan komputerna.
Siswa       : “Baik, Pak!”
Guru        : “Sambil menghidupkan computer, tolong perhatikan ke depan!
Siswa       : “Iya , Pak.
Guru        : “Bapak akan jelaskan sedikit pengertian tentang internet, oke sebelum itu siapa yang tahu apa itu interne?
Siswa       : “Saya, Pak.”
Guru        : “Iya, coba kamu
Siswa       : ”Menurut saya, Internet merupakan media penghubung yang jauh
Guru        : “Jawaban kamu bagus, Ada yang punya pendapat lain?
Siswa       : “Saya, untuk mencari data
Guru        : “Betul sekali, okeh pendapat kalian bapak tamping dulu
Siswa       : “Iyah, Pak!”
Guru        : Internet berasal dari kata inter artinya jauh dan koneksi artinya berhubungan
                 Jadi internet. Berhubungan jarak jauh menggunakan media tertentu misalkan PC.
Guru        : “okeh jadi kalian sudah tahu apa itu internet, nah sekarang bapak akan jelaskan apa saja perangkat-perangkat untuk akses internet
Siswa       : ”iya, pak.

Penutup (± 2 menit)
Guru       : “Nah, anak-anak, itu tadi pembahasan mengenai percobaan yang telah dilakukan. Sebelum mengakhiri pembelajaran kali ini, ada yang ditanyakan atau belum mengerti tentang cara melakukan koneksi dan mengakhirinya?
Siswa      : “Saya, Pak. Yang bisa disimpulkan adalah massa suatu zat berbanding lurus dengan volumenya, yang artinya semakin besar massa dari suatu zat maka semakin bertambah volumenya dan begitu pun sebaliknya.
Guru       : “Ada yang lain?
Siswa      : “Saya, Pak. Yang bisa saya simpulkan adalah massa jenis merupakan perbandingan antara massa dan volume dari suatu zat dimana massa jenis suatu zat bernilai konstan.
Guru       : “Bagus sekali. Harus diingat ya apa itu internet. Tidak hanya itu, harus dipahami pula bagamana cara melakukan koneksi dan mengahirinya?
Siswa      : Iya pak”
Guru       : “Bapak cukupkan sampai di sini. Bapak tugaskan untuk mencari artikel yang berisi mengenai aplikasi- aplikasi untuk akses internet. Dan Penjelasan mengenai icon-icon pada mozila firefox  Sebelum mengakhiri pembelajaran ada yang ditanyakan mengenai tugasnya
Guru    : “Okeh, Kalau tidak slamat pagi
Siswa   : “Selamat pagi, Pak!”


Kepala Sekolah,




----------------------
NIP .


Singaraja, 25 April  2012
Guru,




I Kadek Agus Darma Putra
NIM. 1115057007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar