SKENARIO PEMBELAJARAN
Satuan Pelajaran :
TIK
Mata Pelajaran :
TIK
Kelas/Semester : IX/2
Standar Kompetensi : Menggunakan
Internet untuk memperoleh informasi
Standar Kompetensi : Mendemontrasikan akses internet sesuai dengan
prosedur
Metode Pembelajaran : Demonstrasi dan Eksperimen
Alokasi Waktu :
15 menit
_________________________________________________________________________________
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (±2 menit)
Guru :
”Selamat pagi anak-anak.”
Siswa :
”Selamat pagi, Pak.”
Guru : ”Senang bisa bertemu dengan kalian lagi pada pagi hari ini. Bagaimana kabar kalian? Apakah baik-baik saja?”
Siswa : “Baik…..Pak.”
Guru : “Bagus, ternyata kalian bersemangat
sekali pagi ini. Apakah ada yang absen kali ini?”
Siswa : ”Tidak ada Pak,
semuanya masuk.“
Guru : ”Baik, sekarang
kita mulai pembelajaran pagi ini. Namun, sebelumnya ada baiknya kita berdoa
terlebih dahulu.
Guru : “Selesai! Pada pertemuan sebelumnya, bapak
sudah beritahu kepada anak-anak untuk membaca buku di rumah terlebih dahulu,
apakah sudah dibaca bukunya?”
Siswa : ”Sudah Pak.......”
Guru : ”Bagus, sebelum
lanjut ke materi, bapak ingin bertanya terlebih dahulu. Siapa yang sudah pernah
ke warnet? Kegiatan apa saja yang kamu lakukan dasana?
Siswa : ”Saya, Pak,
Guru : ”Ya, silahkan kamu,
Siswa : “Biasanya saya maen game OL pak, ”
Guru :
”Bagus Baik, Cobak yang lain kegiatan apa biasanya yang dilakukan dsna ?”
Siswa : “Saya, pak, mencari tugas, menonton video,”
Guru : ”iya betul? Untuk melakukan semua kegiatan
itu kan kita gunakan internet ”
pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan
istilah tersebut, untuk hari ini kita akan belajar mengenai internet, sebelum
itu bapak akan membacakan tujuan pembelajaran kita pada pagi ini :
1.
Siswa dapat menjelaskan perangkat-perangkat yang
digunakan untuk akses internet.
2.
Siswa dapat menjelaskan aplikasi-aplikasi yang
digunakan akses internet.
3. Siswa
dapat menjelaskan bagaimana cara melakukan koneksi dan mengakhiri dengan
software browsing.
Kegiatan Inti (± 11 Menit)
Guru : ”Sebelum Bapak lanjutkan ke materi
apakah ada yang bertanya?”
Siswa : “tidak, Pak!”
Guru : ”okeh kalau tidak, silahkan
hidupkan komputerna.”
Siswa : “Baik, Pak!”
Guru : “Sambil menghidupkan computer,
tolong perhatikan ke depan!”
Siswa : “Iya , Pak.”
Guru : “Bapak akan jelaskan sedikit
pengertian tentang internet, oke sebelum itu siapa yang tahu apa itu interne?
Siswa : “Saya, Pak.”
Guru : “Iya, coba kamu”
Siswa : ”Menurut saya, Internet
merupakan media penghubung yang jauh”
Guru : “Jawaban kamu
bagus, Ada yang punya pendapat lain?
Siswa : “Saya, untuk mencari
data”
Guru : “Betul sekali,
okeh pendapat kalian bapak tamping dulu”
Siswa : “Iyah, Pak!”
Guru : Internet berasal
dari kata inter artinya jauh dan koneksi artinya berhubungan
Jadi
internet. Berhubungan jarak jauh menggunakan media tertentu misalkan PC.
Guru : “okeh jadi kalian
sudah tahu apa itu internet, nah sekarang bapak akan jelaskan apa saja
perangkat-perangkat untuk akses internet”
Siswa : ”iya, pak.”
Penutup (± 2 menit)
Guru : “Nah, anak-anak, itu tadi pembahasan
mengenai percobaan yang telah dilakukan. Sebelum mengakhiri pembelajaran kali
ini, ada yang ditanyakan atau belum mengerti tentang cara melakukan koneksi dan
mengakhirinya?
Siswa :
“Saya, Pak. Yang bisa
disimpulkan adalah massa suatu zat berbanding lurus dengan volumenya, yang
artinya semakin besar massa dari suatu zat maka semakin bertambah volumenya dan
begitu pun sebaliknya.”
Guru : “Ada yang lain?”
Siswa : “Saya, Pak. Yang bisa saya simpulkan
adalah massa jenis merupakan perbandingan
antara massa dan volume dari suatu zat dimana massa jenis suatu zat bernilai
konstan.”
Guru :
“Bagus sekali. Harus diingat ya apa itu internet. Tidak hanya itu, harus
dipahami pula bagamana cara melakukan koneksi dan mengahirinya?”
Siswa :
Iya pak”
Guru :
“Bapak cukupkan sampai di sini. Bapak tugaskan untuk mencari artikel
yang berisi mengenai aplikasi- aplikasi untuk akses internet. Dan Penjelasan
mengenai icon-icon pada mozila firefox Sebelum mengakhiri pembelajaran ada yang
ditanyakan mengenai tugasnya”
Guru : “Okeh,
Kalau tidak slamat pagi”
Siswa :
“Selamat pagi, Pak!”
Kepala Sekolah,
----------------------
NIP .
|
Singaraja, 25 April 2012
Guru,
I Kadek Agus Darma Putra
NIM. 1115057007
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar