Rabu, 02 Mei 2012

RPP TIK SMP IX smester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


A. Identitas
Sekolah
:
SMP
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi
:
2 . Menggunakan internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi Dasar
:
2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di Internet
Indikator
:
·         Mengidentifikasi macam – macam layanan dalam internet
·         Mengidentifikasi penulisan alamat situs/web dengan benar
·         Mengidentifikasi menyimpan halaman web ( Teks / Gambar )
·         Mengidentifikasi pengeditan halaman web

Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Pertemuan ke
:
5 (Lima)

B. Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik mampu :
  1. Menyebutkan macam – macam layanan yang ada dalam internet
  2. Menuliskan  alamat situs/web dengan benar
  3. Mengcopy halaman web ( Teks / Gambar ) dalam bentuk dokumen dengan benar
  4. Menyimpan halaman web ( Teks / Gambar ) dalam bentuk dokumen dengan benar
  5. Mengedit halaman web ( Teks / Gambar ) dalam bentuk dokumen dengan benar
C. Materi Pembelajaran                     
I. PENGERTIAN INTERNET

           Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

II.  MANFAAT INTERNET

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: (1) Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. (2) Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

III. FASILITAS/LAYANAN PADA INTERNET
1. BROWSING/SURFING :
Sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi. Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator. Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address.



















1.      Back (Mundur) : Digunakan untuk ke situs (halaman) yang sebelumnya dibuka.
2.      Forward (Maju) : Digunakan untuk ke situs (halaman) sesudahnya.
3.       Reload (muat ulang) : Digunakan untuk memuat ulang mengakses kembali isi seluruh informasi situs yang tengah dibuka.
4.      Stop (Berhenti) : Digunakan untuk menghentikan proses loading sebuah halaman
5.      meski belum selesai
6.      Home (Awal) : Digunakan untuk kembali ke halaman default (halaman awal yang pertama kali dibuka).
7.      Hyperlink (koneksi) : Sebuah link (penghubung) menuju halaman lain
8.      URL Address (alamat situs : Alamat sebuah situs yang berisi informasi, kotak ini dapat diisi dengan nama situs yang telah kita ketahui.
9.      Form Input (kotak isian) : Diisi dengan sebuah kata atau kalimat sebagai masukan yang akan dibaca situs tersebut untuk diproses lebih lanjut.
Dengan berbekal program browser tersebut kita bisa melakukan penelusuran informasi (browsing.surfing) ke berbagai situs yang ada di internet. Ada ratusa juta situs yang tersedia di internet. Pengetahuan kita atas tehnik browsing akan sangat membantu memperoleh informasi secara cepat dan
2. EMAIL (Electronic Mail)
sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut. Yahoo.complasa.comtelkom.netdoramail.com, dll.
3. MAILING LIST
sering disebut dengan milis, yaitu layanan internet sebagai pengembang an dari email yang difungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade math, science, artikel menarik, dll.
Setiap email yang dikirim akan disampaikan kepada seluruh anggota shg mendapatkan informasi.
Untuk mendapatkan layanan milis kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh www.yahoogroups.com
4. INTER RELAY CHAT (CHATTING)
adalah fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.
5. NEWSGROUP
adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dgn yg lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh : diskusi tentang Indonesia alt.culture.indonesia, soc.culture.indonesia; tentang internet alt.internet; tentang serial tv : alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps
6. FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)
adalah fasilitas untuk mengi rim suatu file yang disertakan melalui email. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll.
7. TELECONFERENCE
adalah fasilitas internet yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, shg seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Fasilitas ini merupakan pengembangan dari chatting. Komputer yang digunakan untuk teleconfe-rence harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP.
Fasilitas ini sangat cocok untuk melakukan rapat atau perte-muan jarak jauh karena bisa saling memandang dan mendengar secara langsung.
8. INTERNET TELEPHONY
yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dgn suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk dll.
9. INTERNET FAX
Internet juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan internet. Fasilitas ini sangat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak.

 D. Metode Pembelajaran 
1.      Metode ceramah.
2.      Metode demonstrasi.
3.      Metode tanya jawab.
4.      Metode penugasan

E. Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan 5
No
Struktur
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
a.       Menghaturkan panganjali umat.
b.      Melakukan absensi dan pengisian jurnal.
c.       Menjelaskan materi ajar yang akan di pelajari.
a.       Menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit











2






















Kegiatan Inti











§  Eksplanasi
Dalam kegiatan ekplanasi, guru:
a.       Mendemonstrasikan materi prasyarat baik pengetahuan maupun keterampilan dan menggali pengetahuan awal siswa serta menjelaskan pentingnya materi yang dipelajari dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Menjelaskan dan mendemonstrasikan layanan apa yang ada di internet
c.       Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara menulis alamat web atau situs dengan benar
d.      Menjelaskan dan mendemonstrasikan bagaimana cara menyimpan situs web tersebut(dalam bentuk text/ gambar, dll)
e.       Menjelaskan dan mendemonstrasikan bagaimana cara mengedit situs web tersebut dengan aplikasi lain
15 menit
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang.
b.      Tiap siswa duduk di depan komputer.
c.       Guru mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilannya.
d.      Siswa mempraktekkan intruksi yang diberikan guru.
e.       Guru memberikan bimbingan pada saat siswa mempraktekkan materi yang diberikan.

25 menit
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       Guru mengecek pemahaman terhadap praktek yang dilakukan.
b.      Tiap siswa menampilkan hasil prakteknya

10 menit




§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru memberikan tanggapan terhadap hasil praktek yang dilakukan tiap siswa.
b.      Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kerja dari siswa.
c.       Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk lebih banyak berlatih.


10 menit

JUMLAH
60  menit
3
Penutup
a.       Guru dan siswa bersama-sama merefleksikan praktek yang telah dilakukan.
b.      Guru merangkum materi praktek yang telah dilatih.
c.       Guru memberikan tugas tambahan sebagai pengayaan/ remidi.
d.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk materi pertemuan selanjutnya.
e.       Guru menutup pembelajaran dengan doa.
10 menit



F. Alat/Bahan/Sumber Belajar 
1.      Alat/media belajar
a.       PC.
b.      LCD projector.
c.       Laptop

2.      Sumber Belajar
a.       Buku
a.       Buku paket Teknologi Informasi & Komunikasi, jilid 3, terbitan Erlangga, 2004
b.      Buku “Daftar Alamat Situs Indonesia Populer, terbitan Andi, 2005
c.       Buku Searching dengan Google, terbitan Dinastindo, 2005
d.      Buku “Pengelolaan Jaringan Komputer”, terbitan Andi dan Wahana, 1996
b.       Internet
a.       Sumber-sumber dari Internet
b.      Gambar, Media Cetak.
c.       Komputer

G. Penilaian  
1. Teknik Penilaian          :  Kinerja
 2.                                    Bentuk Intrumen         :          
a. Soal
1.      Siswa menulis sebuah alamat situ/web pada jendela browser!
2.      Siswa mengakses layanan situs yang terdapat di internet!
3.      Siswa  mengcopy , menyimpan dan mengedit sebuah situs /web pada internet menjadi sebuah dokumen!
 b.Rubrik Penilaian
No Soal
(Bobot)
Kriteria
Skor
         1
(Bobot 30)
a.       Menulis dengan mengetikan http //www.google.com
b.      Menulis dengan mengetikan www.google.com
c.       Menulis dengan mengetikan google


3
2
1
Skor Maksimal
60
2
(Bobot 30)
a.   Mampu mengakses 4 situs layanan internet, google, yahoo, wikipidia, kaskus, 4 share
b.  Mampu mengakses 3 situs layanan internet, google, yahoo, wikipidia, kaskus
c.   Mampu mengakses 1 situs layanan internet, google, yahoo, wikipidia, kaskus

3


2

1


60
3
(Bobot 40)
a. Mampu mengcopy, menyimpan, dan mengedit  tekt gambar pada software microsof word dengan format doc dengan benar
b.  Mampu mengcopy, menyimpan, tekt gambar pada software microsof word dengan format doc dengan benar
c.   Tidak mampu menyimpan tekt gambar pada software microsof word dengan format doc dengan benar

3


2


1
Skor Maksimal
80

Skor yang diperoleh tiap soal = bobot x skor
Nilai   =  Jumlah skor yang diperoleh x 100
                   Jumlah skor maksimal

 Lembar Pengamatan Afektif Siswa

Nama
Disiplin
Aktifitas
Kerjasama
Kejujuran
Etika
Rata-rata





















Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka : 1. Sangat kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Amat baik


                                                                                     
      Mengetahui:                                                                      Singaraja,    April  2012
Kepala SMPN                                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK



  …………………                                                                  I Kadek Agus Darma Putra
   NIP.                                                                                                 NIM.1115057007

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar